Saturday, June 11, 2011

Taman Nasional Kinabalu


Taman Nasional Kinabalu adalah taman nasional di Malaysia dan merupakan Situs Warisan Dunia pertama Malaysia.

Terletak di pantai barat Sabah, Malaysia timur di pulau Borneo. Taman nasional ini memiliki luas sebesar 754 kilometer persegi mengelilingi Gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Borneo.

Taman Nasional Kinabalu

Taman Nasional Kinabalu, sekitar 90 kilometer dari Kota Kinabalu, adalah salah satu lingkungan yang paling signifikan di dunia alam.

Taman ini merupakan rumah bagi ribuan jenis flora dan fauna yang asli daerah tersebut, dan beberapa ratus yang hanya ditemukan di taman.

Dengan demikian, Taman Nasional Kinabalu dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000, yang pertama di Malaysia. Sedangkan jalur wisata perusahaan sudah usang, sebagian besar taman adalah surga murni untuk flora dan fauna langka.

Bagi mereka yang tidak tertarik pada pengujian diri di lereng Gunung Kinabalu, ada masih banyak untuk menikmati dari kunjungan ke taman.

Kehadiran Gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Asia Tenggara, merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap berbagai macam hewan, burung, serangga dan tumbuhan yang ditemukan di taman.


Medan berkisar dari subur, hutan hijau di ketinggian taman terendah, sementara jauh di hutan pegunungan, rhodendron dan termasuk jenis pohon jarum adalah lazim. Pada ketinggian tertinggi, pertumbuhan tanaman kerdil dan marsupial kecil bertahan hidup dalam lingkungan yang keras.

Anggrek dan tanaman pitcher karnivora adalah di antara tanaman taman yang paling terkenal, meskipun mereka jarang terjadi di sepanjang jalur yang paling mengenakan taman wisata. Namun, mereka semua dipajang di jalan-jalan raya dekat kantor pusat taman, di mana pengunjung dapat melihat beberapa flora kawasan yang paling indah.

Yang paling terkenal dari tanaman endemik teko Taman Nasional Kinabalu Nepenthes raja, sebuah pabrik kendi raksasa yang bel dapat menyimpan lebih dari tiga liter air. Ada beberapa jenis tanaman lainnya kendi di taman, dan ini dapat dilihat hanya dari beberapa track di taman.

Kinabalu Taman Nasional ini juga adalah tempat bunga terbesar di dunia, yang Rafflesia yang mekar sangat jarang dan hanya untuk beberapa hari.

Tidak seperti kebanyakan saudara-saudara bunga nya, Rafflesia memancarkan bau busuk, mengingatkan kita pada daging busuk. Bau busuk ini menarik lalat dan serangga, yang tanaman kemudian perayaan atas.

Dengan diameter sampai satu meter dan berat 10 kilogram potensi, mekar dari Rafflesia adalah peristiwa tajam ditunggu oleh ahli botani di seluruh dunia.

Taman Nasional Kinabalu reservasi di Malaysia. Terletak di pantai barat Sabah, di dekat Gunung Kinabalu gunung , yang adalah ketinggian 4.095 m di atas permukaan laut gunung tertinggi di Pulau Kalimantan. Taman Nasional Kinabalu salah satu situs biologi penting di dunia. Dibangun pada tahun 1964 dan mencakup area seluas 754 km2. Taman Nasional Kinabalu terutama melindungi banyak spesies endemik - karnivora tanaman, anggrek dan langka Kinabalu - lintah merah raksasa dan cacing tanah. Taman Nasional Kinabalu pada tahun 2000 terdaftar di Warisan Dunia UNESCO UNESCO .

Seluas 754 kilometer persegi, Taman Nasional Kinabalu didirikan pada tahun 1964 sebagai surga untuk melestarikan berbagai spesies flora dan fauna, termasuk bunga terbesar di dunia dan tanaman pitcher terbesar. Dengan demikian, itu tidak mengejutkan ketika meraih kesempatan untuk menjadi taman nasional pertama di Malaysia yang akan ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada bulan Desember 2000. Karena kedekatannya dengan Kota Kinabalu, itu adalah tujuan populer bagi mereka jeda mencari dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Taman, tidak seperti dengan rekan Mulu National Park yang terkenal dengan Gua Mulu, yang diakui untuk rentang beragam tanaman dan hewan dan tingkat endemik tinggi. Taman Nasional Kinabalu telah mencatat lebih dari 600 jenis pakis, dari yang 50 yang asli ke taman. Jumlah ini adalah 20 persen lebih dari yang tercatat di seluruh benua Afrika. Taman ini juga berisi kelimpahan tanaman pitcher pemakan serangga Nepenthes, yang lima dari 13 jenis hanya dapat ditemukan di sini. Peran taman sebagai situs biologi penting di dunia ini disorot oleh survei yang dilakukan pada kehidupan botani di taman. Survei mengungkapkan suatu spesies tanaman mengejutkan 5.000 sampai 6.000 yang tumbuh subur di Taman Nasional Kinabalu, jumlah lebih tinggi dari semua spesies tanaman Eropa dan Amerika Utara, termasuk daerah tropis Meksiko, gabungan.

Daya tarik utama di Kinabalu Taman Nasional Gunung Kinabalu. Dasar untuk Gunung Kinabalu diciptakan 15 juta tahun yang lalu ketika jumlah besar batuan cair dipaksa ke permukaan, akhirnya pengerasan menjadi gundukan granit. Meskipun dibentuk hanya 10 juta tahun yang lalu, masih dianggap non-gunung vulkanik termuda di dunia dan masih terus berkembang pada tingkat 5 milimeter per tahun. Pendakian sampai ke puncak Gunung Kinabalu adalah salah satu alasan utama mengapa banyak mengunjungi taman setiap tahun. Deru adrenalin sebagai salah satu upaya untuk menaklukkan gunung, rasa prestasi setelah pemerintah menaikkan sukses dan pemandangan yang menakjubkan saat mendaki membuat semua usaha berharga.

Kunjungan ke Springs Poring kuno sangat disarankan untuk mereka yang ingin hanya berjalan-jalan di taman dan menikmati keindahan alamnya. Terkenal untuk terapi air panas, Poring Springs telah cukup beberapa tempat untuk menawarkan pelanggan, termasuk sebuah peternakan kupu-kupu, diisi dengan berbagai irama kupu-kupu, dan pusat konservasi anggrek yang terikat untuk memukau.

Pernah bertanya-tanya bagaimana hutan hujan seperti terlihat dari pandangan mata burung? The Poring Canopy Walkway mungkin bisa memberikan pengunjung pengalaman seperti itu, dengan pemandangan yang sangat baik hutan, sungai dan air terjun dari setinggi 41 meter di atas tanah. Bagi mereka yang suka berenang di perairan dingin ada Air Terjun Kipungit. Hanya 30 menit berjalan kaki di sepanjang jalan dengan baik ditandai dari Poring Hot Springs, suatu sore di air terjun adalah cara yang indah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Banyaknya kelezatan alam yang dialami oleh pengunjung di Taman Nasional Kinabalu yang membuat ini tujuan wisata yang benar-benar tak terlupakan satu.

Baca selengkapnya...

No comments:

Post a Comment